MICROSOFT WORD 2007
Fungsi Icon Tab Home
Microsoft
Office Word 2007 (untuk selanjutnya disebut MS. Word saja) merupakan sebuah
program aplikasi pengolah kata (Word
Processor) buatan Microsoft
Corporation. MS. Word 2007 merupakan hasil pengembangan dari
beberapa versi sebelumnya. MS. Word tampil lebih user friendly dan sudah menggunakan ribbon sebagai standar
baru dalam menampilkan menu-menu tool.
Perbedaan antara Tab, Ribbon dan Group
Tab
adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab File, Insert, Page Layout,
dll. Ribbon
adalah area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif.
Sedangkan Group
adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi.
Jadi, Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri
dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki
kesamaan fungsi.
TAMPILAN MICROSOFT WORD 2007
Office Button
Secara umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area
kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save
As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan
file dokumen yang baru-baru ini dibuka.
Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu
Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit
Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word). Berikut ini adalah contohnya.
Keterangan:
Nama Icon
|
Keterangan
|
New
|
digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru
|
Open
|
digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan
|
Save
|
perintah untuk menyimpan file dokumen aktif
|
Save As
|
digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format
tertentu
|
Print
|
digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
|
Prepare
|
digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file
dokumen aktif
|
Send
|
digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai
email / faksimile
|
Publish
|
perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog
/ dll
|
Close
|
digunakan untuk menutup file dokumen aktif
|
Mengenal Fungsi Icon pada Tab Home
Tab Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan editing.
Group Clipboard
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
* Tombol panah kecil di sudut
kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai
fungsi suatu Group.
Group Font
Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
Font : untuk memilih jenis huruf
Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
Bold : untuk menebalkan teks terpilih
Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
Group Paragraph
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
Bullets : untuk memberikan
tanda bullet di tiap paragraf terpilih
Numbering : untuk memberikan
format penomoran di tiap paragraf terpilih
Decrease Indent : untuk
menggeser baris kedua paragraf ke kiri
Increase Indent : untuk
menggeser baris kedua paragraf ke kanan
Left-to-Right : untuk
menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-to-Left : untuk
menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort : untuk menyortir data
Show Paragraph Marks : untuk
menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align Text Left : untuk
mengatur teks rata kiri
Center : untuk mengatur teks
rata tengah
Align Text Right : untuk
mengatur teks rata kanan
Justify : untuk mengatur
teks rata kanan-kiri
Line Spacing : untuk
mengatur jarak antar baris teks
Shading : untuk mengatur
warna latar teks terpilih
Border : untuk memberikan
garis tepi pada teks terpilih.
Group Styles
Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf
Group Editing
Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Find
: untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword
tertentu dalam suatu file
Replace
: untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata
tertentu dalam suatu file
Select
: digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file
Fungsi Icon Tab Insert
Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
Secara umum perintah yang terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini adalah: (1) Pages, (2) Tables, (3) Illustrations, (4) Links, (5) Header & Footer, ( 6) Text, dan (7) Symbols.
A. Fungsi Icon di Group
Pages
Kata Kunci Bahasan
|
Cover
Page
|
digunakan
untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
|
Blank
Page
|
untuk
menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen
|
Break
Page
|
untuk
memisah suatu halaman file dokumen
|
Cover Page dibutuhkan saat user ingin membuat halaman sampul dari
suatu file yang sedang digarap, merupakan fitur teranyar MS. Word yang sudah
built-in sejak MS Word rilisan 2007 yang lalu. User bisa memilih bentuk sampul
serta melakukan setting seperlunya, jadilah halaman sampul yang formal tanpa
mengurangi nilai estetika.
Sedangkan Blank Page digunakan untuk membuat halaman
kosong baru. Ini sangat membantu user saat pengelolaan dokumen harus pindah ke
halaman baru, padahal baru setengah halaman yang terisi teks. Jadi user tidak
perlu menekan Enter ratusan kali untuk mendapatkan halaman baru. Ini sesuai
dengan visi MS. Word seabgai aplikasi perkantoran yang simpel, praktis dan
efisien.
Break Page sangat dibutuhkan terutama saat user ingin memisahkan
beberapa paragraf menjadi dua halaman. sebagai ilustrasi, dalam suatu dokumen
teridiri dari 10 paragraf yang berjejal di satu halaman saja, terus user ingin
menjadikannya sebagai dua halaman, maka user cukup meletakkan kursor di bagian
akhir paragraf yang ingin dijadikan halaman pertama, klik icon Break page. Maka
paragraf sesudah tanda kursor tadi akan berpindah ke halaman berikutnya. Bila
dalam hal ini user menggunakan icon Blank Page, maka antara paragraf sebelum
kursor dan setelahnya akan terpisah dengan satu halaman kosong.
B. Fungsi Icon di Group
Tables
Kata Kunci Pembahasan
|
Insert
Table…
|
untuk
menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
|
Draw
Table
|
untuk
menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen
|
Convert
Text to Table…
|
digunakan
untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
|
Excel
Spreadsheet
|
untuk
menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel
|
Quick
Tables…
|
untuk
menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS.
Word 2010
|
Saat user meng-klik icon Table, akan muncul flyout
yang berisi perintah-perintah tersebut dengan judul Insert table. Pada pilihan
pertama terdapat built-in tabel. Disini user cukup memilih jumlah tabel dengan
menggerakkan pointer secara diagonal dan diakhiri dengan klik kiri mouse untuk
menerapkan jumlah tabel terpilih. Disini jumlah tabel terbatas dalam 10 tabel.
Insert Table… digunakan untuk menyisipkan tabel melalui dialog box. User
perlu menentukan jumlah kolom ke samping di area Number of Columns serta
mengisi kotak Number of Rows untuk menentukan jumlah kotak ke bawahnya. Disini
jumlah tabel maupun kolom tidak dibatasi, jadi user dapat menyisipkan tabel
sepuasnya melalui perintah ini.
Draw Table berfungsi untuk menyisipkan tabel dengan menggambar secara
manual di area dokumen. Saat icon ini di-klik, pointer mouse langsung berupa
menjadi pensil yang dinamis. Drag secara diagonal untuk membuat gambar tabel
berbentuk kotak. Bila di-drag secara diagonal akan membentuk garis lurus namun
tidak melupakan ekstensinya sebagai tabel. Bila user membuat garis ini secara
berurutan, maka spasi antar garis yang dibuat akan menjadi area dalam suatu
tabel.
Convert Text to Table digunakan untuk mengkonversi atau mengubah paragraf
terpilih menjadi berbentuk tabel. Disini program berjalan secara stereotip.
Program hanya melihat adanya jejak tombol Tab dan Enter di keyboard. Bila hanya
ada dua paragraf yang terseleksi maka hasilnya hanya ada dua kotak atas-bawah.
Apabila teks yang terseleksi terdiri dari dua paragraf yang spasinya
menggunakan tab, maka hasilnya terdapat dua kolom ke samping dan dua baris ke
bawah.
Excel Spreadsheet digunakan untuk menyisipkan tabel dengan format lembar
kerja Excel. dengan fitur ini user dapat memasukkan rumus fungsi layaknya di
lembar kerja Excel. Jadi, user dapat menghadirkan spesifikasi Excel biarpun
sebenarnya sedang bekerja di aplikasi word processor.
Quick Tables… berfungsi untuk menyisipkan jenis tabel sesuai jatah yang
tersedia di MS. Word 2010 ini. User dipersilahkan untuk memilih jenis dan tema
tabel yang diinginkan. Dalam menu tersebut user dapat memilih desain kalender
dll. sesuai bentuk yang tersedia.
C. Fungsi Icon di Group
Illustrations
Picture
|
digunakan
untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer
|
Clip
Art
|
untuk
menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program
|
Shapes
|
digunakan
untuk menyisipkan objek gambar autoshape
|
SmartArt
|
digunakan
untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization
|
Chart
|
digunakan
untuk menyisipkan diagram
|
Picture merupakan perintah yang digunakan untuk menyisipkan gambar
yang tersimpan di komuter atau di media removable lainnya. Dengan ini user
dapat menyisipkan gambar atau foto. Saat user menggunakan perintah ini, user
akan masuk ke jendela penjelajahan file untuk mengakses gambar di lokasi
tertentu yang ingin disisipkan ke lembar dokumen.
Clip Art
digunakan untuk menyisipkan gambar-gambar clip untuk tujuan ilustrasi yang
berkaitan dengan tema yang dibahas dalam dokumen. Di samping itu, gambar Clip
Art dapat berfungsi sebagai elemen pemanis dari dokumen yang tergarap, tentunya
sesuai dengan yang tersedia di library program. Namun demikian user dapat
mengunduhnya dari situs resmi Microsoft Corporation.
Shapes
digunakan untuk menyisipkan objek geometris yang telah memiliki bentuk, seperti
segitiga, lingkaran, bintang, segi empat, dll. Bisa dibayangkan, betapa
sulitnya membuat gambar lingkaran dengan mengandalkan garis yang dibuat secara
manual. Namun fakta berkata sebaliknya karena adanya fasilitas Shape ini. User
dapat membuat objek lingkaran yang ideal dengan cukup menyisipkannya melalui
Shape tersebut.
SmartArt
merupakan fitur jelmaan Organization Chart di Word 2003 yang kini diamputasi di
MS Word 2007 ini. Tak sekedar berubah nama. Siluman fitur 2003 ini memang sarat
dengan objek inovatif dengan sosok tiga dimensi sebagai andalan. SmartArt
berisi fitur untuk membuat gambar terstruktur yang lebih bersifat ilustratif.
User bisa membuat ilustrasi jenis-jenis binatang melalui fasilitas ini.
D. Fungsi Icon di Group
Links
Kata Kunci Bahasan
|
Hyperlink
|
digunakan
untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain
|
Bookmark
|
digunakan
membuat penanda buku
|
Cross-Reference
|
digunakan
untuk membuat referensi antar file
|
Hyperlink digunakan untuk menghubungkan teks atau teks terpilih
dengan file lain. Bahkan, user bisa menautkan teks terpilih dengan bagian
tertentu di situs web.
Bookmark
digunakan untuk membuat penanda buku atau sebagai halaman favorit. Disini user
diminta untuk melakukan setting terhadap file yang ingin dijadikan sebagai
penanda buku atau halaman favorit dari teks atau objek terpilih.
Cross-reference digunakan untuk membuat referensi atau rujukan antar file.
Dengan fasilitas ini user dapat membuat rujukan ke footnote atau endnote
tertentu di suatu halaman.
E. Fungsi Icon di Group
Header & Footer
Kata Kunci Bahasan
|
Header
|
digunakan untuk
mengatur kepala halaman suatu file
|
Footer
|
digunakan untuk
melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file
|
Page Number
|
digunakan untuk
melakukan setting terhadap homor halaman
|
Header
digunakan untuk mengatur kop atau kepala halaman suatu file. Biasanya suatu
dokumen resmi perlu dibubuhi kop dari suatu organisasi. Dengan fasilitas Header
tersebut, user dapat memberikan serta mengatur format header. Disitu terdapat
beberapa format Header yang sudah built-in. User dapat memilih salah satunya
yang sesuai.
Footer
digunakan untuk mengatur atribut suatu halaman berupa kaki halaman. Biasanya di
bagian footer berisi nomor halaman serta atribut komplementer lainnya. Seperti
halnya header, Footer juga berisi pilihan mengenai format Footer sehingga user
tinggal memilih serta melakukan setting seperlunya. Kesamaan antara header dan
Footer adalah: jika user sudah membubuhkan keduanya di halaman tertentu maka
Header dan Footer di halaman lainnya akan persis sama.
F. Fungsi Icon di Group
Text
Kata Kunci Bahasan
|
Text Box
|
digunakan untuk menyisipkan kotak
yang dapat diisi dengan teks
|
Quick Parts
|
digunakan untuk mengatur teks
otomatis dll
|
WordArt
|
digunakan untuk menyisipkan teks
bergaya artistik
|
Drop Cap
|
digunakan untuk menyisipkan huruf
kapital besar pada awal paragraf
|
Signature Line
|
digunakan untuk menyisipkan tanda
tangan digital
|
Date & Time
|
digunakan untuk menyisipkan
tanggal dan waktu terkini
|
Object
|
digunakan untuk menyisipkan objek
dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)
|
Text Box
berfungsi untuk menyisipkan kotak teks sesuai dengan pilihan yang tersedia di
menu tersebut. dengan ini user tidak perlu menyisipkan objek Shape yang
kemudian di-Add text. Disini user juga bisa melakukan setting seperlunya
terhadap Text Box yang telah disisipkan.
Quick Parts merupakan menu yang menyediakan perintah-perintah, antara
lain : (1) Autotext digunakan untuk mengatur teks otomatis, (2) Document
Property untuk mengatur atribut dokumen [titel, tag, dll] (3) Field digunakan
untuk menyisipkan Field atau judul tabel [dapat diset sebagai nomor otomatis
sebagaimana di Access dan di Excel] (4) Building Blocks Organizer digunakan
untuk mengatur seputar partikulasi Quick Parts (5) Save Selection to Quick
Parts Gallery digunakan untuk menyimpan pemformatan dari teks terpilih ke dalam
Quick parts Gallery.
WordArt
digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini user
bisa menyisipkan tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya. User
akan diminta untuk memilih salah satu jenis Wordart, kemudian mengetikkan teks
setelah terdapat perintah “Your Text here” dan dengan satu langkah lagi user
sudah membuat teks dengan gaya dan efek yang fantastik.
Drop Cap
digunakan untuk menysipkan huruf kapital dengan ukuran lebih besar di awal suatu
paragraf. Disini lagi-lagi user disuguhi menu pilihan untuk mengambil salah
satu bentuk Drop Cap yang diinginkan.
Signature Line digunakan untuk menyisipkan anda tangan digital melalui
layanan khusus yang disediakan Microsoft Corporation.
Date & Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
sesuai dengan tanggal dan waktu yang berlaku dalam sistem. dengan ini user
tidak perlu lagi mengutak-atik kalender atau bahkan membeli jam tangan hanya
untuk membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan. Gunakan perintah ini
untuk memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.
Object
digunakan untuk menyisipkan objek embedded, berupa objek yang dapat dprogram
sehingga dapat menjalankan script tertentu. Objek yang dapat disisipkan dari
perintah ini harus berupa objek dengan ekstensi OLE atau Object Linked
Embedded.
G. Fungsi Icon di Group
Symbols
Equation: digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
Symbol: digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar